Minggu, 20 Juni 2010




BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Salah satu aspek dalam pembelajaran adalah media pembelaran proses pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pembelajaran. Tanpa media, komunikasi tidak akan terjadi dan proses pembelajaran sebagai proses komunikasi juga tidak akan bisa berlangsung secara optimal. Media pembelajaran adalah komponen integral dari sistem pembelajaran

Untuk menciptakan suasan belajar yang aktif dan kreatif maka media perlu memberikan anifas-anifasi dan kreasi yang berkembang didunia sekarang tidak terbatas itu barang bagus dan berkualitas serta harganya maha tetapi juga barang-barang yang berasal dari barang bekas

Untuk itu dalam makalah ini akan dijelaskan salah satu pemanfaatan barang bekas sebagai salah satu media dalam pembelajaran matematika.

1.2. Tujuan

Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memperlihatkan salah satu pemanfaatan kotak bekas dalam pembelajaran matematika khususnya dalam belajar bangun ruang yang terdiri dari sifat2 bangun ruang dan jarring-jaring bangun ruang.

BAB II

PEMBAHASAN

PEMANFAATAN KOTAK BEKAS DALAM BELAJAR BANGUN RUANG

Dedikasi : Kotak bekas disini ditujukan untuk anak SD yang akan belajar bangun datar.

Bahan- bahan:

1. Kotak bekas, misalnya (kotak obat nyamuk, kotak mie, kotak lampu, kotak teh, kaleng susu, topi ulang tahun, dll

2. Gunting

Cara Penggunaan:

1. Untuk sifat-sifat bangun ruang

Sisi adalah bidang yang membentuk suatu bangun ruang

Rusuk adalah garis yang merupakan pertemuan antara dua sisi.

Titik sudut adalah titik yang merupakan pertemuan dua rusuk atau lebih

Contohnya Kubus seperti ( kotak pasta gigi, kotak lampu dll)

Gambar:


1 komentar: